Tips Belanja Hemat Akhir Bulan

Terkadang, sebagai manusia biasa tentunya kita selalu ingin membelanjakan uang yang kita miliki. Melihat barang-barang elektronik terbaru, restoran yang selalu ramai dikunjungi karena makanannya yang terkenal enak, pakaian model terbaru yang keren, dan hal-hal lainnya yang membuat Anda ingin segera berbelanja barang-barang tersebut.

Sebenarnya tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut. Hanya saja jika penghasilan yang Anda miliki tidak terlalu besar, maka sebaiknya disisihkan saja.

Berapapun jumlahnya jika dilakukan dengan rutin maka bukan tidak mungkin hasilnya akan besar di akhir bulan nanti. Selain itu kurangilah berbelanja hal-hal yang tidak perlu. Meskipun sulit namun tetap harus dilakukan.

Lalu apa saja yang dapat membantu Anda menghemat pengeluaran Anda dalam sebulan? Berikut adalah tipsnya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Tetapkan Hari Rutin untuk Berbelanja

Untuk waktu penetapan hari belanjanya tergantung dari Anda sendiri. Setiap minggu atau setiap bulan sama saja asalkan Anda membuat daftar belanjaan lengkap mengenai barang apa saja yang harus dibeli.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena catatan tersebut berfungsi sebagai parameter agar Anda tidak mengeluarkan uang untuk barang yang tidak perlu. Namun, jika Anda memiliki budget lebih untuk membeli snack atau minuman kaleng tidak masalah asalkan tidak berlebihan.

Sistem berbelanja seperti ini memang perlu uang yang cukup besar, namun Anda jadi bisa berhemat karena tidak perlu mengeluarkan uang lagi selama jeda waktu belanja berikutnya. Hal yang paling penting agar cara ini berjalan dengan baik adalah Anda harus membuat komitmen agar tidak jajan di luar pengeluaran mingguan.

2. Membuat Anggaran Pengeluaran Harian

Sebagai seorang pekerja, tentunya Anda memiliki pengeluaran pokok harian seperti untuk bensin, makan, dan uang untuk jaga-jaga apabila terjadi hal diluar dugaan Anda. Untuk itu catatlah semua pengeluaran dalam sebuah buku.

Hal ini berguna untuk mengetahui berapa uang yang dikeluarkan dalam sehari dan dari data tersebut, Anda bisa mengontrol pengeluaran harian sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang selain dari yang sudah ada di sana. Sumber : bisnis.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *